Ramadhan Kedua: Bertanya Menuntun pada Perenungan yang Lebih Dalam

Pernah mendengar lagu dari grup musisi Bimbo yang kerap diputar di masa Ramadhan? Kalimat pertama lagunya sangat menarik “Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa? “

Pernahkah kita merenungkan pertanyaan itu? Mengapa kita puasa? Apakah karena tradisi? atau kewajiban? Apa yang terjadi jika kita tidak ikut puasa? Jika tidak ada yang melihat, apakah kita akan tetap berpuasa? 

Dari satu pertanyaan, akan muncul banyak pertanyaan lainnya. Dengan bertanya satu hal, kita jadi berfikir lalu mempertimbangkan banyak hal. Bertanya membuat kita tidak tergesa-gesa melakukan sesuatu, sehingga apa yang kita kerjakan, tidak menjadi sia-sia. 

Artikel pertama seri Ramadhan Kedua di Masa Pandemi COVID-19 mengajak kita memulai Ramadhan dengan bertanya, mengapa pandemi tak kunjung usai? Ketika pertanyaan ini kita tujukan pada Allah, ini menolong kita berkomunikasi dan melangkah bersama Allah dengan lebih baik. 

Susunlah sebanyak mungkin pertanyaan tentang Ramadhan, sehingga saat Ramadhan usai, kita tidak hanya mendapat kemenangan atas rasa laparnya saja, tetapi ada perubahan kehidupan yang lebih baik. Dengan bertanya, kita juga akan berusaha mencari jawaban dan beragam solusi, berdialog dengan para ahli dan melakukan perenungan yang lebih mendalam.

Mengatur Waktu

Pertanyaan lainnya, bagaimana kita mengatur waktu di masa Ramadhan ini, sehingga kita bisa tepat waktu bangun dini hari, sehingga bisa menyiapkan makan sahur. Tepat waktu sholat lima waktu. Tepat waktu mengerjakan berbagai tugas baik dari sekolah atau tempat bekerja?

Penggunaan Google Calendar bisa sangat membantu menata jadwal yang padat. Jika selama Ramadhan ini, hal baik untuk tepat waktu dan mentaati waktu sholat kita lakukan dengan penuh sukacita dan rasa syukur, Insya Allah ini akan menjadi habit baik yang terus kita lakukan, meski Ramadhan nanti usai. 

Webinar selengkapnya tentang membuat Google Calendar di sini

Bersilaturahmi

Pertanyaan lainnya di masa pandemi ini, bagaimana kita tetap dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan teman? Aplikasi Google Meet dan Zoom, dapat membantu perjumpaan kita. Webinar selengkapnya ada di sini. 

Beragam pertanyaan lain, dapat terus kita ajukan bagi diri kita sendiri, atau menjadi bahan diskusi dalam pertemuan silaturahmi kita dengan sanak keluarga dan teman, sepanjang masa Ramadhan ini. 

Untuk membangun kebiasaan bertanya, kita dapat melihatnya di webinar berikut ini. 

Penulis: Dyahni Ardrawersthi

Artikel terkait :

Share :

Related articles